Keindahan Gedung London Sumatera yang Bersejarah

Gedung London Sumatera

Keindahan Gedung London Sumatera, atau yang lebih dikenal sebagai Gedung Lonsum, adalah salah satu bangunan bersejarah yang menghiasi kota Medan, Sumatera Utara. Sebagai salah satu peninggalan dari masa kolonial Belanda, Gedung Lonsum tidak hanya memancarkan keindahan arsitektur klasiknya, tetapi juga menyimpan sejarah panjang dan kaya tentang perkebunan di wilayah ini. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang pesona dan sejarah Gedung Lonsum yang menarik.

Sejarah Gedung Lonsum

Gedung Lonsum dibangun pada tahun 1906 sebagai kantor pusat dari London Sumatra Plantation Company, perusahaan perkebunan yang berbasis di Belanda. Perusahaan ini memiliki luas tanah yang luas di Sumatera Utara dan mengelola sejumlah besar kebun kelapa sawit dan karet di wilayah tersebut. Gedung Lonsum menjadi simbol keberhasilan ekonomi Belanda di wilayah ini selama masa kolonial.

Arsitektur Klasik Belanda

Gedung Lonsum memancarkan keindahan arsitektur klasik Belanda yang megah dan elegan. Bangunan dua lantai ini didominasi oleh elemen-elemen arsitektur Eropa, seperti atap lancip, jendela-jendela besar dengan kisi-kisi khas, dan balkon-balkon yang menghadap ke jalan. Meskipun telah berusia lebih dari seratus tahun, Gedung Lonsum masih mempertahankan keindahannya dan menjadi salah satu ikon arsitektur bersejarah di Medan.

Kisah-Kisah Mistis

Selain keindahan arsitekturnya, Gedung Lonsum juga dikenal dengan kisah-kisah mistis yang mengelilinginya. Beberapa orang percaya bahwa gedung ini angker dan sering dihantui oleh arwah para pekerja perkebunan yang bekerja di bawah kepemimpinan Belanda. Kisah-kisah tentang penampakan hantu dan suara-suara misterius sering kali menjadi topik pembicaraan di kalangan penduduk setempat.

Peran dalam Pembangunan Kota

Selama masa kejayaannya, Gedung Lonsum bukan hanya menjadi pusat administrasi perusahaan, tetapi juga berperan penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial kota Medan. London Sumatra Plantation Company memberikan lapangan pekerjaan bagi ribuan penduduk setempat dan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

Pengalaman Mengunjungi Gedung Lonsum

Bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur, mengunjungi Gedung Lonsum adalah pengalaman yang memuaskan. Meskipun tidak selalu terbuka untuk umum, pengunjung dapat menikmati keindahan bangunan ini dari luar sambil mengagumi detail arsitektur yang megah. Sejumlah tur sejarah juga tersedia untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang sejarah dan peran Gedung Lonsum dalam perkembangan kota Medan.

Lokasi dan Aksesibilitas

Gedung Lonsum terletak di pusat kota Medan, menjadikannya mudah diakses oleh wisatawan. Terletak di Jalan Ahmad Yani No. 71, Gedung Lonsum dapat dicapai dengan berbagai moda transportasi, termasuk taksi, ojek, atau angkutan umum.

Kesimpulan

Gedung London Sumatera (Lonsum) adalah salah satu peninggalan bersejarah yang penting di Medan. Dengan keindahan arsitektur klasiknya dan peran pentingnya dalam sejarah perkembangan kota, Gedung Lonsum tidak hanya menjadi tujuan wisata yang menarik, tetapi juga simbol dari masa lalu yang kaya dan berwarna dari kota Medan.